Kenali Gejala dan Cara Mengobati Demam Scarlet dari SehatQ.com


Demam scarlet atau scarlatina merupakan demam yang ditandai dengan timbulnya ruam berwarna kemerahan di kulit dan disertai dengan radang tenggorokan. Demam scarlet ini banyak diidap oleh anak-anak yang berusia di antara 5-15 tahun. Kabar buruknya apabila penyakit ini dibiarkan maka akan berdampak pada organ tubuh lain seperti ginjal dan jantung.

Penyebab demam scarlet yaitu terjadinya infeksi bakteri Streptococcus pyogenes yang sering ditemukan di mulut dan saluran hidung. Bakteri satu ini merupakan jenis bakteri yang dapat menjadi penyebab radang tenggorokan. Pada penderita demam scarlet ini bakteri melepaskan racun yang dapat menimbulkan ruam berwarna merah pada kulit. Sehingga, seseorang yang terinfeksi bakteri ini dapat merasakan gejala dalam waktu dua hingga empat hari sejak terpapar bakteri.

Gejala Demam Scarlet

Gejala khas pada penderita demam scarlet yaitu timbulnya ruam berwarna merah atau merah mudah yang bisa saja hampir di seluruh tubuh. Ruam saat demam ini akan terlihat seperti luka bakar akibat sinar matahari dan akan terasa kasar. Pada umumnya ruam akan bermula dari dada dan perut yang kemudian akan menyebar ke seluruh area tubuh. Sementara pada area lipatan kulit ruam akan terlihat lebih merah seperti ketiak, siku dan lutut.

Beberapa gejala lain yang bisa saja menyertai saat menderita demam scarlet.
  • Sakit kepala
  • Demam disertai menggigil
  • Lidah kemerahan yang disertai bintik-bintik kecil
  • Radang yang disertai bercak putih atau kekuningan
  • Pembesaran kelenjar getah bening
  • Wajah dan area leher memerah
  • Kulit akan terlihat pucat di sekitar bibir
  • Mual dan muntah

Hal yang perlu Anda waspadai adalah bakteri Streptococcus bisa ditularkan melalui percikan air liur ketika penderita demam scarlet sedang bersin ataupun batuk. Penularan juga bisa saja terjadi apabila seseorang minum atau makan dari gelas dan piring yang sama dengan penderita.

Sentuhan pada benda yang sebelumnya telah terpercik air liur dari penderita demam scarlet juga bisa menjadi media penularan. Bakteri yang berada di tangan pun akan masuk ke dalam tubuh, apabila anak menyentuh mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Pengobatan Demam Scarlet

Pada umumnya penderita akan sembuh setelah 4-5 hari diobati. Untuk obat demam scarlet biasanya dokter akan memberikan antibiotik seperti penisilin yang dikonsumsi selama sepuluh hari. Para penderita yang memiliki alergi terhadap antibiotic ini maka dokter biasanya meresepkan erythromycin sebagai alternatif.

Biasanya dokter juga akan meminta pasien untuk menjalani pengobatan hingga tuntas. Hal ini dilakukan agar infeksi dapat segera hilang dan pasien bisa sembuh. Demam scarlet umumnya akan hilgan dalam kurun waktu 12-24 setelah mengkonsumsi antibiotik. Selain pengobatan seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada pula penanganan yang bisa dilakukan di rumah untuk bisa membuat pasien menjadi lebih nyaman, seperti:
  1. Mengonsumsi paracetamol yang dapat membantu meredakan demam dan sakit tenggorokan.
  2. Selalu menjaga kecukupan asupan cairan agar tenggorokan tetap lembab dan bisa mencegah dehidrasi
  3. Berkumur dengan menggunakan larutan air garam agar dapat membantu menghilangkan sakit tenggorokan
  4. Mengonsumsi permen yang dipercaya dapat membantu untuk meredakan radang tenggorokan
  5. Menggunakan pelembab udara agar dapat menghilangkan udara kering yang bisa memicu radang tenggorokan
  6. Sebisa mungkin hindari pemicu iritasi seperti asap rokok ataupun produk pembersih.

Lalu kapan penderita harus ke Dokter?

Segera temui dokter jika Anda sudah mengalami gejala seperti yang diuraikan di atas. Karena apabila demam scarlet ini tidak segera ditangani maka akan terjadi komplikasi. Namun, jika Anda masih merasa ragu Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dengan memanfaatkan aplikasi SehatQ.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Gejala dan Cara Mengobati Demam Scarlet dari SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel