Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Binder yang Tepat


Dunia perkuliahan rasanya sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini yaitu, binder. Salah satu nama yang terkenal adalah loose leaf binder. Loose leaf binder adalah salah satu alat tulis yang dapat digunakan untuk belajar atau bekerja, berbentuk buku dengan ring yang dapat dibuka tutup untuk mengisi ulang kertas. Loose leaf binder banyak diminati oleh berbagai kalangan terlebih mahasiswa. 

Alasan utamanya adalah kepraktisannya. Terdapat banyak merk binder yang bagus di pasaran seperti kokuya, Joyko dan Bantek. Dengan banyaknya merk tersebut mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilihnya. Berikut tips memilih loose leaf binder yang bagus :

1. Sesuaikan jenis binder dengan tujuan penggunaannya

Untuk mendapatkan produk terbaik, Anda perlu menyesuaikannya sesuai dengan tujuan penggunaan dan frekuensi Anda membawa loose leaf binder. Secara umum loose leaf binder terbagi menjadi dua, yaitu jenis home dan carry. Jenis carry lebih fokus pada kemudahan saat dibawa dan digunakan. Sementara jenis home lebih mudah penyimpanannya.

2. Kenali jenis-jenis binder beserta ukurannya

Loose leaf binder tersedia dalam berbagai macam ukuran, mulai dari ukuran kecil sampai besar. Ukuran tersebut adalah A4, A5, A6 dan B5.

3. Pilihlah binder dengan ring yang tidak terasa menggangu

Anda dapat menggunakan binder dengan dua cara, yaitu melepas kertasnya dari ring atau menulisnya langsung pada binder. Kemungkinan Anda akan merasa terganggu dengan ring yang mengganjal saat sedang menulis. Namun kini sudah tersedia loose leaf binder yang didesain sedemikian rupa sehingga ringnya tidak menghalangi tangan saat menulis. Ring pada binder seperti ini hanya terdapat di sisi atas dan di bawah binder.

4. Pilih ring yang kokoh

Saat ini sudah banyak tersedia binder dengan ring plastik dengan daya tahan yang baik. Namun, tetap saja kekuatannya tidak akan melebihi bahan logam. Jika Anda lebih mengutamakan kemudahan dalam membawanya, maka ring plastik lebih tepat untuk dipilih karena ringan dibawanya. Namun jika Anda mengutamakan kekuatan, maka pilihlah binde dengan bahan logam.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Binder yang Tepat"